Permasalahan Dan Solusi Seputar BSD Terbaru



PERMASALAHAN DAN SOLUSI SEPUTAR BSD TERBARU


  1. Gagal saat install aplikasi 
    • Pastikan Komputer atau Laptop anda terbebas dari virus. 
    • Sebelum meng-install aplikasi BSD 207 silahkan aplikasi BSD yang lama di uninstall terlebih dahulu. 
    • Pastikan bahwa aplikasi dapodik anda sudah menggunakan patch 207c. jika belum silahkan download di sini:  Patch 207c
    • Gagal saat men-download, hal ini menyebabkan file aplikasi BSD korup atau tidak lengkap. Untuk menjamin file tidak korup pastikan ukuran file 2,08 MB (klik kanan -> properties) atau 2,1 MB saat masih di rar (belum di ekstrak), cari link download yg lancar (tidak sibuk) atau bisa download di sini: BSD 207 atau di sini: BSD 207
    • Salah cara penginstallan, cara install yang di sarankan adalah dengan cara klik kanan pada master aplikasi BSD 207 kemudian Run as administrator.
  2. Gagal saat menjalankan aplikasi
    • Setelah installasi BSD selesai, saya sarankan jangan langsung di gunakan, alangkah baiknya silahkan komputer/laptop anda di restart terlebih dulu. Hal ini dilakukan agar system berjalan normal kembali setelah pemasangan aplikasi BSD.
    • Sambungkan komputer/laptop anda ke internet & pastikan koneksinya bagus, karena aplikasi BSD 207 akan langsung konek ke server dan mengirim file BSD secara online.
    • Jalankan aplikasi sesuai dengan yang telah di sarankan yaitu dengan cara klik kanan pada aplikasi BSD 207 (hasil installasi, biasanya terletak di dekstop) kemudian Run as administrator.
    • BSD Not Responding : Hal ini bisa di sebabkan karena beban komputer/laptop terlalu berat. Solusinya : saat menjalankan aplikasi BSD jangan sambil membuka program yg lain, jka masih belum bisa silahkan kurangi/uninstall beberapa aplikasi yang tidak penting, agar beban sedikit berkurang. 
  3. Gagal saat pengiriman ke server
    • Pastikan koneksi internet anda bagus saat melakukan pengiriman file BSD ke server.
    • "Gagal melakukan koneksi database".  Hal ini bisa diatasi dengan cara fix registry. Caranya: uninstall dulu BSD-nya --> kemudian restart PC/Laptop anda --> fix registry dengan software Ccleaner (Download Ccleaner di sini) --> restart lg PC/Laptop anda --> install BSD.
    • "Gagal koneksi ke server" atau "Gagal membaca alamat server". Hal ini di sebabkan karena server sedang sibuk melayani perminataan dari banyak client, selain itu di server pusat di lakukan pembatasan jumlah client yang sedang terkoneksi. Jika sudah mencapai batas/limit yg telah di tentukan, maka server akan menolak client selanjutnya, sampai trafik senggang kembali. Hal ini untuk menjaga agar server tidak overload. saran saya lakukan pengiriman pada jam-jam sepi.
    • "Gagal membaca alamat server", jika masih terjadi demikian maka lakukan pembersihan cache resolver DNS di komputer/laptop anda, hal ini untuk memperbarui cache alamat DNS yg tersimpan di system.
      Caranya klik menu start --> All Program --> Accessories --> Command Prompt, ketik perintah berikut:
      ipconfig /flushdns kemudian tekan enter.
    • "Gagal kirim ke server" (ukuran file terlalu kecil) .Hal ini bisa diatasi dengan cara: saat membuka aplikasi BSD harus menggunakan Run as administrator.
    • "Gagal kirim ke server (batas pengiriman maximal tercapai) .Hal tersebut dikarenakan telah dilakukan pengiriman lebih dari 1x dalam sehari (24 jam). untuk menghindari hal tersebut maka lakukan pengiriman sekali saja dalam sehari.
    • "Menarik data, kompresi data, selesai. Sebenarnya keterangan demikian menandakan proses BSD secara offline. Namun jika muncul seperti ini pada saat koneksi posisi on, maka hal ini bisa di atasi dengan cara install ulang aplikasi BSD.
    • "Pengiriman masih menggunakan versi lama" .Hal ini dapat diatasi dengan mengganti Aplikasi BSD 207 dengan Aplikasi BSD Hasil Perbaikan. silahkan download di sini: Aplikasi BSD Hasil Perbaikan
    • "Pengiriman ke server tidak selsai-selesai". Apabila proses pengiriman ke server lama bahkan sampai ber jam-jam dan tidak selesai, hal ini biasanya dikarenakan saat menjalankan BSD sambil membuka DAPODIK. saran saya saat menjalankan BSD silahkan tutup DAPODIK-nya sekalian dengan browsernya (Mozilla, Chrome, dll).
    • Apabila segala upaya sudah dilakukan namun belum berhasil, anda bisa minta tolong ke operator Dinas Kabupaten setempat untuk mengirimkannya ke server.  
  4. Permasalahan yang lain.
    • Data terlihat dobel di log Aplikasi BSD. Hal tersebut sebenarnya bukanlah data ganda, karena pada aplikasi DAPODIKDAS data yang dihapus tidaklah di hapus secara permanen, Cuma dikasih flag bahwa recordnya dihapus. BSD mengambil semua record yang ada sehingga kesannya double/ganda.
    • "Status Pendidikan terakhir" masih berwarna merah (tidak valid). Hal ini disebabkan karena efect file corupt pada proses pengiriman yang tidak sempurna (masih adanya bug pada aplikasi BSD 207). Keadaan seperti ini bisa diatasi dengan mengganti Aplikasi BSD 207 dengan Aplikasi BSD Hasil Perbaikan yang baru saja terbit (tgl 06 Mei 2014) kemudian melakukan pengiriman ulang dengan Aplikasi BSD Hasil Perbaikan. Aplikasi BSD Hasil Perbaikan bisa anda download di sini: Aplikasi BSD Hasil Perbaikan
  5. Penampakan ketika data/file berhasil terkirim ke server.
    • Sebagai tambahan acuan. Jika data/file BSD terkirim dan di terima server maka akan ditunjukkan seperti gambar berikut, dengan ukuran file harus lebih dari 4 KB.






Tutorial BSD klik di sini: Tutorial BSD 207


Mohon maaf karena keterbatasan sumber maka kami baru bisa memaparkan sebagaimana tersebut di atas. Untuk permasalahan dan solusi menyangkut Aplikasi BSD Versi 207 akan kami update secepatnya.
Terimakasih..



@



Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment - Kembali ke Konten

Permasalahan Dan Solusi Seputar BSD Terbaru - Grecex.blogspot.com