Cara Aman Backup Dan Restore Aplikasi DAPODIKDAS


CARA AMAN BACKUP DAN RESTORE
DAPODIK / DAPODIKDAS

Proses backup dan restore data pada Aplikasi DAPODIK/DAPODIKDAS merupakan proses yang sangat penting yang harus di kuasai oleh para OPS, di mana backup dan restore ini dapat menyelamatkan kita dari hal-hal yang tidak kita inginkan, misalnya data rusak, hilang atau ketika aplikasi bermasalah, bahkan kemungkinan terburuk yaitu jika PC/laptop kita error.

Lalu bagaimanakah cara mem-backup dan me-restore yang aman..? Seperti yang telah kita ketahui bahwa saat ini banyak sekali Aplikasi Dapodik Helper baru yang bertebaran di internet, dan dengan mudah kita dapat mengunduhnya dan menggunakannya. Tetapi pernahkah anda berfikir, apakah aplikasi ini benar-benar aman?, dapat menjaga data anda tetap valid?, terbebas dari virus, spyware, atau program-program jahat lainnya, yang sengaja di sisipkan oleh orang tidak bertanggung jawab?.

Perlu saya sampaikan kepada rekan-rekan OPS bahwa saat ini Admin pusat sudah tidak lagi bertanggung jawab mengenai penggunaan Aplikasi Dapodik Helper tersebut. seperti info yang saya dapatkan dalam kutipan berikut:

Sesuai dengan Laporan yang kami terima dari Admin Pusat & Beberapa OPS.dkk:
  1. Aplikasi Dapodik Helper Terbaru tidak di jamin Keutuhan data dan atas pihak-pihak tertentu yang tidak bertanggung jawab telah mengedarkan Aplikasi tersebut. 
  2. Untuk Melakukan Backup database, sebaiknya lebih menggunakan cara manual dengan cara mencopy Folder Database.
Dari kutipan berikut maka kami menyarankan kepada rekan-rekan OPS untuk melakukan backup dan restore secara manual.

Berikut kami paparkan cara aman backup dan restore aplikasi/database DAPODIK/DAPODIKDAS. 

  1. Pastikan Aplikasi Dapodikdas sedang dalam keadaan off atau tidak dibuka.
  2. Pada keyboard tekan dan tahan tombol Windows  + tombol R maka akan tampil seperti ini.
  3. Pada kolom Open isi dengan services.msc kemudian klik OK maka akan tampil seperti ini.
  4. Klik baris DapodikdasDb kemudian klik icok STOP sehingga status running menghilang.
  5. Kemudian klik DapodikdasWebSrv dan klik icon STOP sehingga status running menghilang juga.
  6. Kemudian buka Drive C ==>> Program Files ==>> Dapodikdas. Kemudian copy folder database dan dataweb.
  7. Buat folder baru di Drive D atau selain C tempat untuk menyimpan backup lokal Dapodik anda atau bisa juga di flasdish. Misal kita buat nama folder tersebut "Backup Dapodikdas" di Drive D. Kemudian paste-kan di situ.
  8. Kembali kita ke menu services seperti yang ditampilkan oleh nomor 3. 
  9. Klik baris DapodikdasDb kemudian klik icon START sehingga status menjadi running. Bagitu juga dengan baris DapodikdasWebSrv.

Alhamdulillah backup telah berhasil kita lakukan. Kedua folder ini (database dan dataweb) berisi data yang telah kita isi samapi dengan waktu backup dilakukan. Jika telah mengisi data lebih lanjut lagi kemudian mau melakukan backup lagi maka tinggal ikuti saja langkah-langkah di atas supaya data yang di-backup menjadi data yang up to date.

Kemudian jika dikemudian hari terjadi error PC atau laptop dan mengharuskan untuk di-uninstall atau ganti laptop yang baru, maka langkah yang kita lakukan adalah setelah PC atau laptop kita telah benar kembali dan telah siap dipakai maka langkah selanjutnya adalah: 
  1. Install Aplikasi Dapodikdas.
  2. Hilangkan status running seperti pada langkah nomor 4 dan 5 di atas.
  3. Kemudian copy folder database dan dataweb dari folder tempat penyimpanan backup. Pada contoh di atas kita menggunakan Drive D ==>> Backup Dapodikdas, kemudian paste-kan pada Drive C ==>> Program Files ==>> Dapodikdas.
  4. Kemudian aktifkan kembali status running seperti langkah nomor 9 di atas.
  5. Jalankan program Dapodikdas. Di sinilah letak keunikannya. Kita tidak perlu REGISTRASI lagi. Jadi langsung saja LOGIN dengan menggunakan user name dan password sebelumnya.
Demikianlah yang dapat saya bagikan. Semoga bermanfaat



@



Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment - Kembali ke Konten

Cara Aman Backup Dan Restore Aplikasi DAPODIKDAS - Grecex.blogspot.com